Cara Pendaftaran NPWP Online

Pusing, diminta oleh isteriku untuk bantu dia soal pendaftaran npwp secara on line, yang harus jadi hari ini juga!, minimal nomer NPWP nya saja, proses pendaftaran npwp selanjutnya bisa di urus belakangan hari di kantor pajak.

Ini gara gara beberapa karyawan yang baru masuk kerja yang belum sadar, bahwa untuk dapat gaji, mereka harus punya npwp. Begitu ditanya tentang pajak NPWP, ada yang bilang hilang, ada yang bilang belum punya. Padahal proses yang diperlukan untuk buat npwp di kantor pajak minimal 2 hari (berdasarkan banyak pengalaman). Solusi untuk masalah ini, agar mereka bisa gajian bulan ini, agar mereka bisa dapatkan nomor npwp hari ini juga, terpaksa mereka harus daftar npwp online.

Masalah lain ternyata, tidak semua orang melek online, Sarjana bukan ukuran bahwa mereka bisa daftar npwp online. Bahkan blogger yang melek kode html pun masih bingung untuk urusan pajak npwp online ini. Lucunya begitu disuruh daftar di Advertiser yang minta no NPWP, mereka bilang gak punya. Saya bilang kenapa gak bikin NPWP on line saja? Mereka bilang: Gak ngerti! Saya bilang: Buset dah! Ini benar benar ironis.

Seperti apa sih cara daftar (pajak) npwp online ?

Langkah-Langkah Pendaftaran NPWP Online:

1. Buka situs pendaftaran npwp online di: http://ereg.pajak.go.id/ereg/wp/Login.do

daftar npwp online 1

2. Klik Buat Account Baru, saya yakin anda pasti bisa melewati ujian ini #lol

daftar npwp online 2

3. Kembali ke halaman sebelumnya, Login lah menggunakan username dan password yang anda daftarkan sebelumnya.

4. Bagi kebanyakan orang, karyawan, orang pribadi, wiraswasta, anda cukup pilih opsi: Orang Pribadi di halaman ini.

Pajak

5. Halaman selanjutnya anda diminta untuk mengisi dan melengkapi Identitas anda secara umum, tanda *)  berarti bahwa kotak/ field tersebut harus di isi/ dilengkapi. Ada baiknya anda telah menyiapkan KTP/ Kartu Identitas untuk memudahkan anda dalam mengisi data data yang diminta di halaman ini.

Pajak 2

6. Masih di halaman yang sama, di bagian Identitas Umum, anda di minta untuk mengisi Kode Wilayah berdasarkan kelurahan & kecamatan tempat tinggal anda. Silahkan klik ikon “mata” untuk melakukan pencarian Kode Wilayah yang sesuai dengan tempat tinggal anda.

Pajak 3

Catatan: Kotak/ field yang berwarna abu abu (bukan putih) berarti kotak/field itu tidak bisa anda isi, baik secara manual, maupun secara paksa, kecuali secara otomatis.

7. Halaman berikutnya (setelah klik pada ikon “mata”) anda disuguhkan pada menu pencarian Kode Wilayah. Silahkan isi kecamatan dan kelurahan sesuai dengan KTP anda (nomer 1 & 2), klik cari (nomer 3), setelah pencarian ditemukan, anda bisa pilih hasil yang sesuai (nomer 4) dan klik ok untuk menyimpan hasil pencarian anda (nomer 5)

Pajak 5

Selanjutnya kotak/ field abu abu di Point 6 akan otomatis terisi. Gampang toh !

8. Masih di bagian yang sama (scroll ke bawah), pilih Status Usaha: Tunggal, cocok untuk Blogger, wiraswastawan dll. Dan kembali anda harus klik ikon “mata” untuk mengisi Jenis Usaha yang anda miliki.

Pajak 7

9. Ketik/ Isikan jenis usaha anda dan klik OK!

Pajak 6

10. Pada bagian Korespondensi, anda cukup contreng pada kotak di lingkaran merah (sama dengan alamat tempat kedudukan/tinggal), Maka otomatis kotak kotak kosong di bawah akan terisi dengan alamat yang sama seperti di atas. Gak pake repot.

Pajak 8

11. Masih di bagian Korespondensi, ingat tanda *) harus di isi, silahkan lengkapi no telpon dan e-mail seperti yang diminta.

Pajak 9

12.  Selamat, anda telah mendaftar sebagai wajib pajak pribadi, baca keterangan selanjutnya tentang langkah-langkah apa yang anda harus lakukan setelah mendaftar npwp secara online. Klik tombol cetak.

Pajak 10

13. Masih penasaran dimana anda sih nomor NPWP anda? Pada halaman ini, klik Surat Keterangan Terdaftar Sementara.

Pajak 11

14. Nomor NPWP anda ada pada halaman selanjutnya, pada lingkaran merah yang saya telah tandai.

Pajak 12

Btw, halaman ini bisa anda cetak seandainya anda membutuhkan surat keterangan sementara disaat anda belum mendapatkan kartu resmi NPWP dari kantor Pajak, sebagai bukti bahwa anda sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Congrats! Semoga Bermanfaat! Salah khilaf mohon maaf dan koreksinya.

Catatan: Saat anda membuka halaman ereg.pajak.go.id anda menemukan tulisan: The connection has timed out. Maka selamat!, saat ini server pendaftaran online sedang full. Cobalah mendaftar di pagi hari (sebelum jam kerja)
Regards,
EBO

Leave a Reply